Rabu, 10 Juni 2015

Pengantar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala Puji bagi Allah, Tuhan semesta alam ini, yang telah memberikan karunia tanpa henti kepada umat-Nya.

Pada kesempatan kali ini kami membuat sebuah tulisan yang dikemas dalam bentuk blog yang dapat diakses oleh semua orang.

Blog ini berjudul "All About Biology". Judul tersebut menunjukkan bahwa dalam blog ini berisi informasi ataupun materi pembelajaran biologi sebagai ciri khas kami dari Jurusan Pendidikan Biologi. Penyusunan blog ini semoga bermanfaat untuk masyarakat, khususnya para pelajar, baik SMP ataupun SMA yang membutuhkan informasi mengenai materi biologi.

Blog ini berisikan materi pembelajaran yang simple dan petunjuk bereksperimen bagi siswa yang dapat membantu mendorong kemampuan siswa berfikir kreatif menemukan sebuah konsep materi pembelajaran. Pada Kurikulum 2013, guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber informasi bagi siswa dalam pembelajaran. Peran siswa harus lebih dominan dengan melakukan serangkaian kegiatan belajar yang pada akhirnya dapat menemukan sebuah konsep (discovery learning), misalnya melalui kegiatan eksperimen atau demonstrasi. Siswa dapat menyimpulkan hasil yang telah diperoleh melalui eksperimen atau demonstrasi tersebut yang merupakan konsep esensial materi pembelajaran. Materi pembelajaran diletakkan di bagian akhir dari petunjuk eksperimen, harapannya agar siswa termotivasi untuk belajar aktif dan dapat menemukan konsep berdasarkan hasil eksperimen yang telah dilakukan. Melalui kegiatan tersebut, kelima panca indera siswa bekerja sehingga siswa aktif dalam pembelajaran dan tidak mengandalkan informasi ceramah dari guru.

Dalam penyusunan blog ini tentu saja masih jauh dari sempurna, sehingga kami mohon saran dan kritik yang membangun demi kebaikan penulisan blog kami pada waktu berikutnya. Terimakasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Aprilia Dwi Anggani
Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Yogyakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar